Copyright © amaliata
Rabu, 24 Februari 2010

Wawancara Dengan Si Pembuat Robot

Institut Teknologi Bandung. Siapa yang tidak kenal dengannya? Didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Institut ini terkenal dengan mahasiswanya yang lihai bermain dengan teknologi. Banyak dari mereka yang menjadi mahasiswa produktif. Salah satunya adalah Doddy, mahasiswa ITB yang rela menghabiskan waktu satu semester dengan teman-temannya untuk melakukan sebuah penemuan. Doni dengan teman-temannya menciptakan robot. Sayangnya robot ini belum sempat diberi nama, padahal robot yang mereka ciptakan tersebut sempat ikut pameran robot yang belum lama digelar di kampus tercinta. "Menghabiskan dana hingga 17 juta rupiah untuk membeli spareparknya dari barang ekspor hingga impor" ujar pria yang berusia 23 tahun ini yang akan menghadapi sidang skripsi pada pertengahan bulan ini.

"Robot ini dilakukan pengujiannya dia atas ruang yang luasnya 2,75cm x 2,75cm yang berbentuk labirin. Robot ini tidak menggunakan rmote kendali. Jika mulai dari start otomatis akan mencari sensor cahaya/api yang menyala pada ruang tersebut lalu mematikannya, setelah itu obot tersebut langsung kembali ke tempat awal mulanya start." jelasnya.

6 komentar:

  1. Artikel yang bagus tuk disimak..
    Terimakasih sharingnya,.
    Slam kenal dan suskes selalu

    BalasHapus
  2. Makasih dah ditulis, maap baru sempat saya baca.
    Bukan doni tapi dody nih, hahaha....

    punya ym?

    BalasHapus
  3. wah hebat.....ya,
    semoga bangsa kita maju dengan kreativitas anak bangsanya yang tak kalah dengan orang luar negeri.

    BalasHapus
  4. kak doddy maaf yah ini baru bisa ngeakses blogger lagi. ia aku benerin nih postingannya :D

    YM aku : amelksatriadjawadipa@ymail.com

    BalasHapus
  5. iya amel udah saya add,
    gak papa, sante saja,
    sukses ya buat tulisan2nya..

    BalasHapus