Copyright © amaliata
Sabtu, 08 Mei 2010

Nirmana 3 Dimensi Ukiran


Pada Nirmana kali ini gue anggap yang paling sulit diantara yang lain. Karena eh karena nilai yang gue dapatkan nggak terlalu memuaskan. Ini adalah nirmana versi ukiran yang menggunakan bahan stroboard yang paling tipis. Cara pertamanya adalah membuat pola terlebih dahulu, kemudian potong-potong strobiard dengan ukuran kotak yang telah ditentukan, agar lebih mudah pada saat membeli stroboard beli berbarengan dengan teman-teman di toko kertas, ada referensi dari gue beli aja di toko kertas kemenangan di daerah kebayoran, disitu terkenal murah, kalau lo beli banyak bisa dipotong gratis dengan alat pemotong kertas. jadi nggak usah cape-cape motong-motongin kecil-kecil. Nah kalo sudah lo gambar polanya sesuai banyaknya pola yang diminta. Oiya tergantung dari dosen lo mau berapa tumpuk tuh. Saran dari gue buat pola yang nggak rumit, misalnya garisnya jangan ambil yang melengkung seperti yang gue buat, karena pemotongannya suliiiit banget. Emang sih kata dosennya yang berkelok-kelok lebih bagus cuman kalo nggak rapih ya sama aja bo'ong, jadi buat lo pada tetapin dulu dalam hati tentang polanya. Kemudia tempel menumpuk, gunakan lem fox sebagai perekat, dijamin kuat, kalo nggak mau rebek akibat efek lem gunakanlah double tip, tapi sayangnya kurang kuat dikarenakan permukaannya sedikit lebih tebal.
Oke. Itulah tips-tips dari gue, jangan sampai mengulangi kesalahan yang telah gue perbuat yaaa.
Good Luck! :D

0 komentar:

Poskan Komentar