Copyright © amaliata
Kamis, 28 April 2011

Melancong Indonesia, Pangandaran

Halo semua. Sesuai dengan janji gue pada artikel Tips Liburan Dihari Kejepit gue mau kasih LPJ nya nih. hehe. Dan kemarin gue pergi ke Pangandaran. Di mana sih Pangandaran itu? Nih petanya.


Pangandaran merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat.Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Ciamis berada pada posisi strategis yang dilalui jalan Nasional lintas Jawa Barat-Jawa Tengah dan jalan Provinsi lintas Ciamis-Cirebon-Jawa Tengah. 

Butuh perjalanan 10 jam untuk sampai di Pangandaran. Itu karena saat  berangkat tanggal merah, dan pastinya macet.  Tapi lo nggak bakalan nyesel, karena eh karena tempatnya keren banget. Di penginapan gue itu terletak diantara 2 pantai, tinggal jalan kaki sebelah kiri pantai timur, sebelah kanan pantai barat. Nah, ke Cagar Alam juga tinggal jalan kaki, banyak monyet-monyet berkeliaran, jinak sih, tapi jangan sampai lo bawa makanan dan minuman ke dalam Cagar Alam, karena mata para monyet ini jeli banget, sampai-sampai jepitan yang gambarnya buah juga diambil. Di dalam cagar alam sendiri banyak goa-goa, salah satunya Goa Jepang. Ada beberapa makam yang masih dipercaya orang sekitar sebagai makam keramat. Setiap hari Jumat keliwon sering diadakan upacara adat. Ada banyak goa, yang di dalam goa itu banyak batu-batu stalagtit dan stalagmit. Luar biasa indahnya, walau hanya bermodalkan senter untuk melihatnya. Hemmm... tapi banyak juga loh batu-batu yang memiliki rupa seperti makhluk hidup, contohnya tulung belakang manusia, paha ayam, onta lagi duduk, kerongkongan manusia, jagung, bahkan ada yang mirip muka pocong... serem yee, gue aja ga berani liat. Oiya, ada juga candi yang terkubur di dalam tanah, gue membuktikannya dengan berdiri di atas tanah tersebut. Wowww, kalo menghentakan kaki ke tanah seperti ada ruang kosong di dalam tanah. Tapi kata si pemandu, candi yang terkubur itu nggak boleh digali oleh pemerintah. kenapa? katanya biar tetap alami. Kalo menurut gue pribadi itu ga efektif, karena di candi itu kan ada sejarahnya, mungkin dari candi tersebut bisa kita terkuak sejarahnya ratusan tahun lalu, sehingga sejarah Indonesia pun makin kaya dan ada objek baru untuk menarik para wisatawan domestik maupun mancanegara, ye kan? 

Terus setelah melewati pantai barat ,naik bukit, dan turun bukit tembusan dari Cagar Alam ini adalah . . . . Pantai Pasir Putih. Gile ini tempat ajib banget. Di Pangandaran ada 3 pantai loh yang berdekatan:
Pantai Timur.

Pantai Barat.
Pantai Pasir Putih.


Lalu, ada lagi tempat yang nggak kalah mengesankan...Apa itu? Green Canyon. Ini nggak kalah gile nya dari Pantai Pasir Putih. Jadi dari lokasi penginapan gue ke Green Canyon membutuhkan waktu 45 menit. Untuk masuk ke dalamnya mesti sewa perahu, 1 perahu itu Rp. 150.000 untuk 6 penumpang, tergantung besar perahunya, itu udah termasuk guidenya + pelampung. Di tiap perahunya sendiri ada tour guidenya yang memandu kita saat berenang di sana hingga kita balik ke perahu. Masuk ke dalam Green Canyon nggak bisa dengan perahu, karena banyak batu-batu besar, jadi harus full berenang pake pelampung. Di sini gue nyesel banget, karena apa? Gue nggak bisa bawa masuk kamera gue, karena karena kamera gue slr dan nggak punya pelindung air, jadi ditinggal di kapal, tenang... semua barang di kapal kita tinggal dijamin aman. Untung temen ada yang bawa kamera anti air, jadi berguna banget tuh dibawa. Berenang menelusuri Green Canyon asik banget, tapi harus hati-hati, karena intensitas tabrakan dengan baru karang itu 75 %, dan saat kita berenenang masuk arus airnya nggak bersahabat karena harus melawan arus, tetapi saat kita berenang kembali ke perahu tinggal ikuti arus airnya. gitu. Dan yang nggak boleh terlewati adalah loncat dari atas batu, lumayan tinggi, 5 meter ada kali ya. Tapi harus hati-hati ya, karena lumayan licin, pas banyak yang mau loncat, eh... kepeleset.

Yang paling jadi pilihan hidup saat lo liburan ke sini adalah . . . makanannyaaaaa. Enak? pasti! Mahal? paaaasti!! Nyesel? nggak!!! Pantangan? iyeeeee!!!! 90% Seafood. Kalo buat lo pada yang alergi seafood itu tandanya lo bakal rugi. Hahahaaa Paling enak malam-malam wisata kuliner ke Pasar Ikan. Wets, ini bukan pasar jual beli ikan terus di bawa pulang, tapi dimasak lalu lo dimakan. Seafoodnya masih fresh, lo tunjuk yang mentah ya tinggal nunggu mateng deh. Agak lama, maklum karena yang makan nggak lo azaaa. Dan jangan kebanyakan yaaa, karena buat yang punya kolestrol atau asam urat bagaikan pilihan hidup menikmati untuk ini. 


Tuh kan liat betapa ngilernya ngeliat udang ini. :/


Tips
  • Gunakan travel yang dianggap paling murah dan rincilah fasilitas apa saja yang didapat.
  •  Untuk keseluruhan jangan lupa bawa kamera anti air.
  • Gunakan kacamata renang untuk yang pake softlens saat berenang. 
  • Sedia plastik saat menuju Green Canyon, untuk melindungi barang bawaan dari air.
  • Bawa senter dan topi ke Cagar Alam karena ada goa yang sempit hingga kepala menyentuh langit goa.
  • Saat wisata kuliner ke Pasar Ikan, jangan lupa menawar, karena memang bisa menawar. Biaya makan tergantung perut masing-masing.
  • Sewa Sepedah buat jalan-jalan di pagi hari, sepedah gambreng (maksudnya yang 1 sepedah paling banyak ada 2-3 jok). Untuk sepedah gambreng 1 jamnya Rp. 20.000, untuk sepedah 1 jok Rp. 15.000. tapi inget, bisa ditawar. Datanglah lebih pagi, walo banyak penyewaan sepedah, kadang ludes disewa.
  •  Bawa celana pendek yang banyak.
  • YANG PALING PENTING. Ketika lo ditawarin wisata bawah laut naik perahu ke tengah laut, harganya Rp.10.000. Murah, Tapi dipikir dulu. Karena eh karena gue ditawarin, eh pas nyampe tengah laut dengan entengnya tuh nelayan bilang karangnya udah kering. Jadi dengan kata lain di bodoh-bodohi.
  • INGAT, SEMUA NYA BISA DITAWAR ASALKAN PANDAI MENAWAR.
Dan, 
Ini dia rombongan tour gue.
 

Well, buat lo yang binggung liburan yang akan datang gue merekomendasikan ini, dari sekarang harus menabung. kalo ada rekomendasi yang lain tolong share yaa.











4 komentar:

  1. Tambahan.. lebih tepatnya klo pas lagi hari biasa atau bukan liburan, perjalanannya dari jakarta sekitar 7jam. dari pangandaran ke Green Canyon sekitar 30menit (klo gak nyasar :D)

    untuk skrg cukup dulu.. :D

    BalasHapus
  2. kalo ke pangandaran lagi... lewat ke padaherang... mampir ke rumah gue.. hoho

    BalasHapus
  3. Terimakasih telah berlibur ke Wisata Green Canyon Pangandaran,,lebih seru berkunjung ke Green Canyon berpetualang di Body Rafting mba,,,perjalanan 4-5 jam jamiin lebih seruuuu.

    BalasHapus