Copyright © amaliata
Kamis, 26 Mei 2011

LOKASI (Lomba Kreatifitas Siswa) SMA Negeri 79 Jakarta

Pada tanggal 22 Mei 2011 lalu, Mading dan PMR SMA Negeri 79 Jakarta kembali menggelar acara rutinnya yang sempat tertunda pada tahun lalu, yaitu LOKASI (LOmba KreAtifitas SIswa) 79. Tahun ini LOKASI digelar untuk yang ketiga kalinya. Kegiatan ini terdiri dari Lomba Mading, Lomba Tandu Cepat, Lomba Poster, dan Lomba Membaca Puisi. Dimulai dari pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Sekolah yang bertempat di Jalan Menteng Pulo ini mengangkat temanya "Remaja Sehat dan Berprestasi". Para peserta lomba yang terdiri dari tingkat SD, SMP dan SMA ini sangat antusias mengikuti berbagai lomba yang diadakan. Kegiatan ini diselenggarakan sekaligus mempertingati hari Donor Darah yang setiap tahun diperingati pada tanggal 8 Mei. Para juri lomba tandu cepat langsung berasal dari Palang Merah Indonesia. Dan salah satu juri lomba madingnya adalah saya tentunya. Diselang acara ada pula hiburan dari penampilan band regis dan dance perform. 
























                       
















Dari kacamata saya saat menjadi seorang juri mading pada lomba mading ini agak miris dengan karya-karya yang telah dibuat para peserta lomba. Namanya juga MADING, Majalah Dinding. Yang membuat saya prihatin konten yang disajikan kurang, layout yang dibuat sedikit berantakan, serta desain hiasannya juga kurang komunikatif. Dan juga pada saat presentasi karya banyak yang mengecewakan, malah ada pula yang kabur saat disuruh presentasi. Sungguh aneh ya. Padahal belajar presentasi sejak dini itu sangat penting untuk melatih cuapcuap kita dimasa yang akan datang. Masalah konten? Padahal berita/sumber yang dibutuhkan dapat diambil dari berbagai media loh, media cetak, elektronik. Walau dibalik beberapa hasil yang kurang memuaskan dari peserta lomba, tentu ada beberapa yang terbaik. 


"Mengikuti kompetisi itu sangat penting untuk memacu adrenalin dan mengetahui seberapa besar kemampuan kita miliki. Berlatihlah dengan maksimal mumpung usia mudamu masih mengelilingi hidupmu. Jangan pernah puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Cobalah hingga quota kata GAGAL dalam hidupmu habis dan yang tersisa hanyalah kata SUKSES. Karena kunci sukses itu ada ditanganmu sendiri!" 
quote by amelksatria
Selasa, 24 Mei 2011

Kata Emosionalku VII


Lelah raga. padamkan bara. pejamkan mata. diam seribu bahasa. selamat tidur semua. ;)

Pagiku dingin luar biasa. ombak menikam raga. hatiku membara. melihat pantai sungguh indahnya. pasir putih menghiasi mata.
Pagi terbangun. rasanya seperti berayun-ayun. mata masih rabun. pusing minta ampun. kembali singgah untuk menghimpun. mimpi yang tertimbun.

Pagi. bangun & berdiri. lalu berlari. mengitari hari. hingga malam menghampiri. lelah menghantui. dtg waktu yg dinanti. saatnya bermimpi. :)
Pagi yang pucet. melihat jalanan macet. pikiran jadi ngadet. ngelap keringet. gas rem ngebet.

Senja hadir ditengah peraduan. menikam raga yang tak bertuan. kasihan. hanya pengaduan. semua belum terselesaikan. 
Pagi yang berat. untuk berdiri tepat. dayanya tersendat. ingin mengumpat. dari habitat. namun waktu terus bejalan cepat. harus kuat.
 
Birumu. bergerak semu. ingin mengadu. hanya membisu. kelabu. Merahmu. mematikan pandanganku. kuatkan dirimu. entah kapan ajal menghampirimu. 
Malam suntuk. mulai mengatuk. pikiran mengapuk. mimpiku mabuk.
Senja datang ketika hujan. dipersimpangan. dan semua berantakan.

Analisa turun menjadi logika. mengikuti apa yang ada. tak kuasa. melepas semua. mungkin derita. seperti siasia. dirasa. abuabu singkatnya. 
Tamparannya keras. berimbas. hingga membekas. sekilas. namun diterima ikhlas. 
Jumat, 20 Mei 2011

Animasi 3D I

Ini adalah bagian dari 3D Max, kali ini membuat animasi tulisan kampus gue dengan teknik kamera, pengembangan dari 3D Modeling I, tugas UTS semester 4. Garis putih tipis yang ada di gambar adalah lintasan jalur untuk bola berjalan, yaitu menggunakan tekhnik Path Constraint. Lalu diberi lighting dan texture untuk tulisan dan backgroundnya. Kalo yang ini gak pake tutorial. hehe belajar dari dosennya langsung. Sayangnya berat untuk upload renderan yang udah pake tekhnik kamera. Next kalo ada waktu gue bakal upload hasilnya.
Senin, 16 Mei 2011

Indonesian Youth Conference #IYC 2011


Halo semua, kali ini akan memposting tentang event yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2011 mendatang di Upper Room Wisma Nusantara. Eventnya adalah . . . . .
Indonesian Youth Conference atau yang lebih dikenal dengan hastagnya ditwitternya #IYC. Indonesian Youth Conference yang artinya kalo di bahasa Indonesia adalah Konferensi Remaja Indonesia. Apakah kata-kata ini asing di telinga anda? Sebagian orang akan berkata ya, dan sebagian orang lagi akan berkata tidak. Karena IYC ini sudah menginvasi halaman Facebook dan Twitter kalian sejak tahun 2009. Dan Alanda Kariza adalah Koordinator Sponsor IYC 2010. Dan langsung aja kita bahas satu persatu.

APA
Indonesian Youth Conference (IYC) adalah sebuah kegiatan yang direncanakan dan diselenggarakan oleh pemuda, yang bertujuan untuk mengumpulkan pemuda Indonesia untuk berbagi masalah dan ide, meningkatkan kepedulian mereka terhadap isu-isu terkini serta meyakinkan masyarakat bahwa suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius.

LATAR BELAKANG
Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, populasi pemuda berusia 18 sampai 30 tahun adalah 62 juta orang. Angka ini, yang setara dengan 15 kali populasi Singapura, memberikan jawaban atas pertanyaan mengapa kita membutuhkan sebuah wadah di mana pemuda dapat menyampaikan aspirasi mereka dan “bersuara”. Tidak mendengarkan lebih dari 60 juta suara merupakan suatu hal yang tidak adil. Kita semua pun tahu bahwa di Indonesia, pemuda adalah generasi yang menciptakan perubahan. Mulai dari Sumpah Pemuda sampai reformasi tahun 1998, semuanya dilakukan oleh pemuda. Kami percaya bahwa dengan sejarah seperti itu, tidaklah sulit bagi pemuda Indonesia untuk berharap agar kita bisa “didengar”Ada banyak pemikiran-pemikiran cemerlang dari pemuda yang berasal dari seluruh Indonesia, yang dapat menawarkan perspektif segar dan solusi yang bisa membantu negeri ini menghadapi abad keduapuluhsatu. Suara pemuda harus didengar dan ditanggapi dengan serius karena ada banyak pemuda yang kritis terhadap isu-isu yang kita semua hadapi hari ini. Kita membutuhkan sebuah wadah di mana kita dapat menyampaikan aspirasi dan ide kita, yang memberi kesempatan kepada kita untuk benar-benar “didengar”. Kami pun percaya bawa di era globalisasi ini, di mana bangsa lain telah memiliki parlemen pemuda, kita semua harus mempersiapkan pemuda Indonesia untuk menjadi kompetitif dan diperhitungkan oleh pemuda dari negara lain.


Dan yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juli 2011 mendatang adalah


Di IYC Festival ini ada banyak acaranya loh, mulai sesi seminar dan lokakarya di festival sifatnya lebih umum, meliputi berbagai isu. Dan yang terpenting di sesi seminar menyajikan 14 topik, diantaranya 9 topik IYC 2010 yang paling diminati oleh pengunjung Festival IYC 2010, yaitu pendidikan, lingkungan, diplomasi, sudut pembaharuan, anti-korupsi, budaya, aktivisme, kewirausahaan, dan politik. Lima topik lainnya merupakan topik baru, yaitu kreativitas, media, teknologi informasi, olahraga, dan surprise session. Pembicaranya pun juga nggak kalah handal, ada @, @ @, @@ @ @, Mirwan Andan, Kementerian Luar Negeri RI, U.S. Embassy, @, Tri Mumpuni, Budi Soehardi, @, @. Materi yang disajikan bagus, pembicaranya pun juga berkualitas. Hayoooloo... Rugi bandar kalo ngelewat event ini loh! Dipenghujung acarapun juga ada pertunjukan musiknya @, @, @ Dan yang lebih melengkapi dari keseluruhan acaranya adalah Sertifikat. Bisa bayangin dong, udah ikut seminar dengan pembicara yang handal dapet kenang-kenangan pula yaitu sertifikat. Kalo beruntung kamu bisa dapetin Surprise Session. Aku udah daftar loh. Sekarang tinggal giliran kamu!

Tunggu apalagi. Daftarkan dirimu segera menjadi peserta IndonesianYouthConference2011







Rabu, 11 Mei 2011

Animasi 2 Dimensi I Part I

Halo. Ini adalah tugas matakuliah Animasi 2 Dimensi I. Dan tugas adalah... jengrejengjeng... membuat storyboard cerita. Di storyboard gue ada 18 Frame. Nah, ini digambar kemudian diwarnai, tekniknya full manual. Ini tugas kelompok gue dengan Anggia.




Ini baru tugas uts-nya loh. Jadi masih ada lanjutanya. Buat referensi kalian nih. Awalnya membuat cerita kemudian storyline, baru deh storyboard. Biar mudah buatlah karakter-karakter yang tidak terlalu rumit. Dan buatlah cerita pada storylinenya yang tidak terlalu rumit dan jangan terlalu panjang, ehmm tergantung dosennya juga yaa. Supaya saat pembuatan storyboardnya tidak terlalu banyak adegannya Yang terpenting saat proses pengambaran harus rapih, kalo mau sempurna lo gambar terlebih dahulu di kertas kalkir, terus ditracing lagi, biar ngegaris PD gitu. Cara tracing yang mudah yaitu diatas meja kaca yang bawahnya diberi lampu. *bisa dicoba dirumah. Oke itu aja dari gue, Postingan ini akan nyambung kebagian berikutnya alias bersambung. So tetep kunjungi blog gue untuk sambungannya.

 Selamat mencoba!