Copyright © amaliata
Senin, 10 Oktober 2011

50Cent Concert at Jakarta



Tanggal 8 Oktober kemarin. Yippieee. Hal yang menyenangkan satnite gue nonton si 50 Cent ini di epicentrum walk. Dan gue masuk di katagori festival. hihi. Awalnya sendiri. Lalu iseng search di twitter eh kenalan di tempat sama penonton yang lainnya. Temen gue jarang banget yang suka hiphop. Jadi yaa*resiko*. 




Open ticket mulai dari jam 18.30 dan dimulainya pukul 21.00. Ditiap lagunya gue dan penonton lainnya sangaaaaat menghayati. 
Ada 3 bule yang digendong dibahu penonton. 2 bule cewe 1 bule cowo. eh ucukucuk... ga lama salah satu cewe penonton Indonesia ikutan. Sampai ada yang berantem 2 cewe gara-gara rebutan jaket yang dilempar sama 50Cent. azzz menyeramkan yak cewecewe jaman sekarang.



Hemm... menurut gue konsernya ga terlalu padat penonton. Pas deh untuk penonton. Gak terlalu berdesak-desakan. Dan yang pasti yang nonton dikatagori festival ga perlu kehabisan oksigen buat menikmati acara. Terus juga soundnya so bad. Apa kuping gue yang bermasalah? Soalnya menurut gue soundnya ga kaya standart untuk hiphop. zzz *apadehgue
Yang bikin ngenes hape gue mati saat konser berlangsung. Dan gue ga bawa kamera karena gue tadi buru-buru dari depok. 50Cent full main 1,5jam. (-__-") nyari colokan nganggur susenye minta ampun cin.
Yang mengecewakan adalah usai konsernya ga jelas udah selesai apa belom (-__-"). Gak ada "Say Good By" sama sekali setelah adegan doi sepanggung narik-narik penonton, eh tau ga? penontonnya yg di front row kebanyakan bocah-bocah loh. zz mereka ditarik ke atas panggung buat joget-joget.  



Yah Setelah adegan gambar di atas ternyata sudah selesai konsernya pada pukul 22.30 WIB. Dan gue langsung nyari colokan nganggur buat ngecas hape. hemmm. Dan inilah suasana usai konser selesai. Di take langsung dari tempat gue duduk untuk ngecas. Untung ada colokan nganggur. :D



Huaaa cape juga ya. Walopun datengnya sendiri. Tapi setidaknya ditengah acara saya membaur dan puas. 

Jumat, 07 Oktober 2011

Augmented Reality

Kelanjutan dari INAICTA FEST 2011 kemarin dan beberapa pembahasan yang ada di permatakuliahan saya akhir-akhir ini adalah Augmented Reality. Mungkin dari beberapa orang tahu atau bahkan sama sekali tidak tahu mengenai Augmented Reality. Mulai detik ini anda hari mengetahui tentang ini. Penting. Dan perlu di share ke teman-teman anda yang belum mengetahui. Karena ini menyanggkut masa depan lo, gue, dan semua orang yang ada dimuka bumi ini. :D


Kata si kamus wikipedia mengenai Augmented Reality.

Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.[1] Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.[2][3]
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran[4][5], sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan,militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.


Jadi intinya teknologi kita udah pesat banget. Cara menggunakannya? Ada syaratnya loh. Harus punya sensor kamera. Beberapa yang saya tau menggunakan sensor web cam dan sensor kamera handphone. Dan juga harus ada barcode yang sudah ditanamkan teknologi Augmented Reality nya. Jenisnya sih udah pasti 3D. Nah sensor kamera dihadapkan ke barcode. ada juga yang menggunakan sensor kamera langsung ke manusianya. ada juga sensor kamera yang dihadapkan ke suatu sudut jalanan dan akan keluar video kejadian yang sudah di setting, seperti video iklan dll. Augmented Reality sendiri masih dalam perkembangan. 
Masih ga ngerti juga? (-__-") Monggoh! Gue kasi gambarannya mengenai Augmented Reality :

Ini contoh Augmented Reality potongan dari beberapa film.

Kalo yang ini virtual fitting room jadi anda tidak perlu datang ke toko buat beli pakaian. Di sini anda bisa mencoba tanpa datang ke lokasi. 


Ini contoh Augmented Reality versi catalog mobil. Jadi cukup menyentuh logo warna bisa melihat warna yang diinginkan. Dan di Augmented Reality juga bisa melihat video loh padahal media yang diperlihatkan ke sensor kamera hanya berupa kertas!

Augmented Reality juga bisa diajak main loh. Langsung. Udang kaya punya temen pribadi.
Ini Augmented Reality yang ada di baju. Jadi anda dengan memakai baju khusus yang sudah tertanam Augmented Reality lalu menghadap ke sensor kamera lalu selamat bermain!



Mungkin masih terlihat kasar 3D nya. Namanya juga masih awal-awal masih dalam perkembangan. Jadi tinggal tunggu tanggal mainnya ceman-ceman. 
Hemm... eh jangan hanya nunggu. Ayo coba-coba belajar teknologi ini. Kalo diduitin gede loh! Apalagi masih terbilang baru.


Beberapa produk di Indonesia juga udah mulai ngembangin dikit-dikit teknologi ini. Contohnya :






Rabu, 05 Oktober 2011

INAICTA FEST 2011

Acara yang terangkai dalam INAICTA 2011 adalah perlombaan karya cipta kreativitas digital dan inovasi di bidang TIK, Konferensi, Workshop dan Eksibisi, Kompetisi Game dan Robot, serta Business Matchmaking Program (BMP).
Untuk INAICTA 2011 ini akan ada total 28 kategori yang akan diperlombakan diantaranya adalah e-business, digital animation, dan lain-lain.
Puncak acara di tanggal 5 oktober berrtempat di Jakarta Convention Center dengan penganugrahan penghargaan.
Pemenang dari INAICTA 2011 akan mewakili Indonesia dalam ajang serupa di lingkup regional dan internasional. seperto Asia Pacific ICT Award (APICTA), atau World Summit Award (WSA). 
Berikut liputan sekilas dari  gue langsung dari TKP :


 Memainkan angklung dengan teknologi modern. Caranya dengan media komputer yang disambung oleh mesin yang menghubungkan langsung ke angklung.

 Teknologi ini gue ga tau namanya. Ada yang tau?
Jadi kalo lo nginjek di atasnya airnya goyang. dan daunnya pada menggeser. jadi menggunakan sensitif yang tinggi. tanpa menginjak atau menyentuh juga bisa. lo lambaikan tangan di atasnya juga air bakal minggir. Keren yak. Di Indonesia masih wah banget. tapi mungkin dan pasti di luar negri udah biasa (-__-)

Ini suasana di INAICTA FEST. Gue dateng sore. Uda rada sepi gitu (-__-"). Jadi di sini banyak stand yang memamerkan hasil karya teknologi mereka. mulai dari tingkat SD sampe perkuliahan juga hadir disini. Wah! anak SD keren udah bisa bikinaplikasi. Makanya jangan mau kalah! ;D