Copyright © amaliata
Senin, 21 November 2011

URBAN FEST 2011, 19 - 20 November, at Pasar Seni Ancol

Halo pembaca setia blogger ku. Apakabar semua? Pasti tetap asik ya, walau dunia perbloggeran tidak setenar dahulu kala. hehe kali ini saya akan melaporkan info seputar acara kemarin itu loh, Urban Fest 2011 yang berlokasi di Pasar Seni Ancol, tanggal 19 - 20 November 2011. Sehubungan dengan saya terlibat dengan acara ini, saya akan berbagi cerita.

Opening ceremony dimulai tepat pukul 16.00 WIB yang bertempat di Urban Stage, Pasar Seni Ancol. Dibuka Oleh Pak Nugroho Selaku ketua panitia penyelenggara. Dan diwakilkan oleh komunitas Viva Brazil Capoeira, Sirkusperkusi, Tsuhoku, IZOC, dan Jakk.Inc (rumah hantu). Sebelum itu para komunitas sudah stand by dari pagi untuk mamerkan eksistensi komunitasnya di Urban Fest 2011. 

Sebelum itu ada Kompetisi Mural Graffity yang saya bilang diposting sebelumnya itu. Ada 15 peserta yang terpilih dari seleksi sketsa yang dikirim. Dan ada 4 juara yang menang. Juara I, Firmansyah dkk. Juara II, LABEL SQUAD. Juara III, KLANTWO. Dan... Juara IV, Sean25.
Inilah Juara I, Firmansyah


Berhubung saya sangat sibuk saat hari H, dan dinyatakan Handphone saya terlalu ganteng Baterai nya jadi saya tidak sempat dan hanya dapat mengambil beberapa moment saja. 
Dan, Inilah Juara III, LABEL SQUAD.
Banyak peserta yang penasaran dengan nilai mereka *berasa lagi ujian aja* hehe. Nah, nih mimin, eh saya kasi tau contekannya. Jadi cara bacanya gini loh. Sebelah kiri itu daftar nama pesertanya. Sebelah kanan daftar nilainya. Nilai berdasarkan nomer peserta ya. hehe. Siapa Jurinya? Toyz Mustard



Saik kan hasil coretan kawan-kawan kita. hehe Yang kalah jangan bersedih ya. Tenang. Kegagalan itu bukan akhir dari segalanya. Malah itu menjadi awal mula dari segalanya. Oke :')


Lanjut ke rangkaian acara URBAN FEST 2011 yang terbilang gokil, ini sesuai riset dari twitter loh. Banyak yang bilang nih mereka puas. Alhamdulilah.
Parade IZOC bersama Airsoftguns
Banyak komunitas yang terbilang baru gabung di Urban Fest 2011, dan mungkin menjadi sorotan dan warna baru di URBAN FEST. :)
    Contohnya si IZOC, mereka adalah Komunitas Penggemar film Zombie, bukan hanya film konteks nya, tapi mereka lihai dari mulai demo make up, style, sampai parade nya. IZOC berkaloborasi dengan Jakk.Inc (komunitas rumah hantu) dan Komunitas Airsoftguns . Mereka parade berkeliling area Urban Fest. 
Ini adalah beberpa dokumentasi yang saya ambil. :)

Jumat, 18 November 2011

Rundown Urban Fest 2011

 Rundown 19 November 2011. DOWNLOAD -> http://twt.mx/RmKg

Rundown 20 November 2011. DOWNLOAD -> http://twt.mx/RmKh

Twitter : @Urban_Fest11
Facebook :  Urbanfest Indonesia
Minggu, 13 November 2011

Maya Oh Maya...

Hai para insan blogger. Tau kah kamu apa itu maya? mungkin dari anda-anda sekalian itu menjawab itu nama saya. hemm. hoam. Ya ya dan ya. Di Indonesia banyak sekali yang bernama maya. Ada juga yang menafsirkan Maya adalah pasangan kata dari dunia maya, internet contohnya. Tapi ada juga yang bilang Maya itu nama program. Kata siapa? GUE. Oke kali ini saya akan membahas tentang si Maya.

Pada semester 5 kali ini di permatakuliahan saya ada satu mata kuliah yang bernama Modeling Charater I, dalam arti kata nanti ada lanjutannya dari permatakuliahan ini (-__-"). Ini termasuk program baru di kehidupan saya. Bahkan teman-teman saya suka ke-gr-an jika saya menyebut Maya di jejaring sosial. Padahal saya menyebut Maya karena merasa sangat galau mengerjakannya. huhu 
Permasalahan pertama kali gue belajar maya adalah sama dengan program Autodesk 3D Max, yaitu muntah. Karena saya termasuk salah satu orang yang tidak cocok dengan pembuatan animasi yang cara buatnya diputar 360derajat. Main Left for Death saya pusing, apalagi belajarannya. Zzz... Pertama Kedua Ketiga rasanya memang rumit dimata. Tapi setelah beradaptasi Maya akhirnya dapat diterima dikehidupanku. *aiiih mateeee...*

Maya itu keluaran dari Autodesk juga loh. Kalau Autodesk 3D Max bisa arsitektur bangunan, karakter kartun, animasi film,dll. Sebenarnya fungsinya tidak jauh beda dengan itu si Autodesk Maya. Hanya saja Autodesk Maya lebih fokus ke modeling. Memang di Maya juga bisa di animasikan juga seperti di Autodesk 3D Max itu. Tinggal anda lebih suka yang mana.
Sayangnya 2 program ini yang masih 1 keluarga ini punya shortcut masing-masing yang berbeda loh. Tidak sama dengan keluarga Adobe yang mayoritas shortcutnya sama dikeluaran program-program si Adobe. 
Jadi saya sering kagok menggunakan shortcut. huhu

Kalo liat teman-teman saya yang jago 3D saya suka termotivasi membuatnya. Mereka jenius dan luar biasa. Apa lagi dosen-dosen 3D saya di kampus, sangat saya banggakan ilmunya. Yang saya rasakan untuk Maya pembuatannya harus sabar banget. Karena harus naik turunin vertex, nge-merge vertex, alt + klik kiri drag, huaaa banyak sekali shortcutnya. Tapi setelah 6 kali pertemuan di kampus belajar ini sangat menyenangkan. :). Ini adalah tugas ujian tengah semester saya Modeling Character kemarin. Belom terlalu bagus dan tidak selesai. Karena saya mengerjakannya bimsalabim dalam 1 malam. :p


Buat kalian yang pemula belajar Maya silahkan alias monggoh. Prospeknya bagus. Karena bidang Animasi duitnya ga bakal berhenti. Apalagi di luar negeri. Di Indonesia komersil yang menggunakan teknologi 3D masi sedikit, karena harga animasi 3D itu yang dijual mahal. hehe Denger dari beberapa cerita orang-orang berkerja di bidang 3D sih gitu. Ada yang bilang minimal sekali project bisa beli BB Gemini 3G. Hemm... Anda silahkan cari deh tuh di daftar harga ponsel. Oiya Jadi gini. Saya ada tempat sharing bagus seputar 3D, tapi lebih ke Autodesk 3D Max bagian modeling room. Ada grupnya di FB namanya Kampoeng 3D (langsung klik). Disitu bisa jadi tempat sharing karya yang pernah anda buat, entah itu bekas project, atau tugas kuliah. Atau kalo mau cari tutorial di Youtube saja. Karena lebih mudah proses belajarnya jika melihat video. Silahkan mencoba :)
Senin, 07 November 2011

Harga Harddisk Melonjak Naik!

Sehubungan dengan hal-hal yang mengenai sesuatu yang rasakan beberapa minggu lalu saya akan menceritakan kepada anda-anda sekalian mengenai sesuatu itu. Harga Harddisk melonjak naik. Yang saya rasakan adalah harga harddisk internal jadi melonjak naik akibat banjir di Thailand. Itulah yang menjadi alasan para distributor dan penjual untuk menaikan harga. Dan itulah yang saya alami pada tanggal 29 Okrober 2011. Yang di mana saya sedang membutuhkan harddisk internal di komputer saya dikarenakan sudah hampir full.

Saya pribadi tidak sampai terfikir akan ada penaikan harga. Awalnya saya ke viraindo mall mangga 2. Harga di toko tersebut termurah dibandingkan toko lain. Tapi setelah saya cek. Barang kosong. Hanya ada merk WD dan Seagate, tapi harganya mahal 1 juta lebih untuk seagate yang 1TB. Saya cari merk hitaci, karena harganya lebih oke, 580rb di list harga viraindo yang 1TB 7200RPM. Nah dapetlah saya di toko abacus, tapi harganya naik 100ribu, menjadi 680rb. Waw. lumayankan naiknya. Kalo di perbandingkan dengan merk wd green, saya tinggal menambah beberapa puluh ribu lagi. Karena saya butuh dan tidak dapat ditunda lagi karena harddisk internal ini untuk menunjang kegiatan ujian tengah semester mangkanya saya beli.

Nah, tiba-tiba tanggal 2 - 6 November ada pameran komputer di JCC, kebetulan teman saya juga lagi butuh harddisk internal saya rekomendasikan datang ke pameran tersebut agar mendapat harddisk yang diinginkan. Pas cari-cari eh memang sulit, banyak yang stoknya memang kosong. Alasannya juga sama, karena banjir. Tapi ada beberapa di antara mereka yang punya stok loh! Kan biasanya pameran itu identik dengan murah, saya sempat bertanya-tanya dengan beberapa stand dengan harga-harga mereka. Contohnya si seagate. Di counternya seagate, doi menawarkan dengan seagate merk blablabla dengan harga 1,3jt yang 1TB 7200RPM. Nah pas kami cek di stand-stand toko komputer yang jual campur-campur all about komputer harganya seagate Rp 1.035.000 dengan merk blablabla yang sama. Nah itu kami tawar harganya, mentok di angka 1juta, barang tersebut juga tinggal 2. Sisanya ya harddisk dengan kapasitas kecil. 

Di pameran komputer tersebut banyak sekali brand-brand yang nggak mau kalah saing. Seperti yang saya pantau Brand seperti VAIO merk kesukaan saya karena desainnya yang ellegant dan oke mahal ini memboyong beberapa lokasi stand yang dimana-mana menurut say aitu merka ada, mungkin kurang lebih ada sekitar stand VAIO yang tempatnya dipilih strategis sekali. Berbeda dengan Brand si Apple yang standnya nyempil di ujung dan barangnya sedikit sekali. Biasanya dari tahun ke tahun si brand seluler juga unjuk gigi di pameran ini contohnya SAMSUNG merk kecintaan saya ini tidak ada memamerkan brand telpon seluler merka di dalam stand, malah kamera pocket yang mereka tawarkan.

Sebenarnya harga harddisk lagi naik apa turun? Jadi rancu nih sama yang jualan gak konsisten saya pembeli. Kalo naik ya naik semua dong. Kalo  gini ada kecemburuan sosial diantara GUE _ HARDDISK _ PENJUAL _ ELO _ END. Sungguh miris ya.
Jumat, 04 November 2011

URBAN FEST 2011 at Pasar Seni Ancol

Halo para blogger Indonesia bahkan dunia (yang mungkin tidak mengerti dengan bahasa atau artikel yang saya buat ini). Kali ini saya akan merepost event yang akan direalese November ini. Kebetulan saya juga terlibat dibelakang layar. Alhamdulilah setelah bertahun-tahun bergelut dibidang organisasi akhirnya saya merasakan juga di event yang terbilang besar.Mudah-mudahan lancar sampai selesainya acara nanti.

Ini adalah Urban Fest 2011. Acara ini adalah acara tahunan ngumpulnya komunitas se-Indonesia. Untuk tahun ini kebanyakan komunitas berasal dari Jakarta. Selebihnya yang berpartisipasi berasal dari Pulau Jawa kita tercinta ini. Tahun ini Urban Fest diselenggarakan yang kelima kalinya sejak 2007 silam. Kebanyakan anak muda tentu tau acara ini. Didirikan oleh Prambors, Kompas, dan Ancol. Sebenarnya dari tahun ke tahun IKJ turut serta di acara ini, tapi tahun ini tidak terlihat. Entah kenapa. 

Bertempat di Pasar Seni Ancol tanggal 19 - 20 November 2011, yang tidak tahu Taman Impian Jaya Ancol itu berada di Jakarta Utara. Nih saya kasih petanya biar nggak nyasar. Kalo binggung naik apa, Anda bisa naik Busway arah ancol, hanya 1 kali bayar, Rp. 3.500,00.

Oke, lanjut. Di Urban Fest para pengunjung bisa menikmati aksi dari para komunitas yang hadir di Pasar Seni Ancol nanti. Ada 68 komunitas yang di undang untuk menunjukan eksistensinya. Ada banyak komunitas yang unik-unik dan juga baru. Sedikit bocoran ya. 

Hijaberscommunity, komunitas ini lagi hot-hotnya dikalangan cewek-cewek berjilbab. Yang pasti cantik-cantik dan modis banget, di Urban Fest nanti cewek-cewek berhijab ini akan menampilkan hijabclass, cara-cara berkerudung ala hijabercommunity dan kamu bisa sharing langsung. Bocorannya sih akan ada make over ditempat. Wah kesempatan nih buat kamu yang behijab dan ingin di make over langsung di Urban Fest wajib dateng deh! :D @Hijaberscomm

 Kotaseni Suropati, dari namanya aja udah ketahuan dong komunitas ini?Komunitas yang banyak sekali aktivititas berbau seni. mulai dari orkes musik, teater, melukis dan masih banyak lagi. Semua juga bisa gabung di sini. Kamu datengin aja markasnya ada di Taman Suropati. Kamu pasti tau kan Taman Suropati? Awas! Jangan sampai tidak tahu yaa!!! Setiap Sabtu dan Minggu mulai dari sore hingga malam mereka ngumpulnya. Untuk di Urban Fest nanti Kotaseni akan menyajikan teater yang diiringi orkes. @Kota_seni 

Studio 15 Tebet, inilah maha karya teman-teman saya anak muda yang mayoritas Sekolah Tinggi Desain InterStudi. Mereka akan memamerkan hasil karya fotografi yang pastinya tidak akan mengecewakan anda sekalian. Foto yang akan dipamerkan pastinya conceptual. Kamu juga bisa sharing disini seputar fotografi atau buat kamu yang pemula bisa join langsung. Kamu datengin aja stand nya Studio 15 Tebet di Urban Fest nanti. @Studio15_tebet

I "Light" This (Light Graff Community), Nah komunitas ini rada gila. Maksud saya menyatakan gila adalah hasil karya nya bagus banget! So, pasti kamu yang ngeliat hasil karyanya bertanya-tanya itu buatnya gimana? Doi pakai teknik BULB itu ada di istilah fotografi. Bermodalkan kamera dan cahaya serta objek yang ingin dimainkan maka terciptalah karyanya. Di Urban Fest kali ini akan ada sesuatu yang untuk dari komunitas ini, tentunya dengan bantuan komunitas lain dong. I Light This akan berkolaborasi dengan Komunitas Pecinta Kertas dan Young On Top. Bagaimana ya keseruan komunitas ini bekolaborasi langsung. Tentunya tidak boleh terlewatkan! 

Wah, masih banyak deh aksi dari para komunitas! Kamu liat aja poster dibawah ini, Kurang lebih inilah pengisi acara yang ada di Urban Fest nanti. Diluar dari yang dicantumkan masih banyak loh! #sesuatubanget!




Kalo masih kurang jelas, *haduuuh. Kamu bisa follow twitternya @Urban_Fest11 atau konfirmasi invite di Facebook nya Urban Fest 2011. (Klik tulisan yang di bold). Di Urban Fest juga ada kompetisi-kompetisi yang diadakan. Kamu bisa daftar dan memenangkan hadiahnya juta-an. Seru deh!
Khususnya untuk Mural Graffity Competition kamu bisa daftar di 085780709978. Pendaftaran dan segala macemnya free untuk kompetisi ini. Mau tanya langsung bisa hubungi saya langsung ya. Kalo mau buka stand makanan juga bisa, langsung hubungi nomer yang dicantumkan tadi, nanti dijelaskan sistemnya. Ok. Sampai bertemu di venue nanti. Untuk selanjutnya setelah acara pasti saya posting lagi laporan acaranya. See u. :3